Gilimanuk



KAPOLSEK GILIMANUK
Secara administratif Polsek Kawasan Laut Gilimanuk berada di Wilayah Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Gilimanuk yang merupakan pintu masuk dan keluar Bali wilayah Bali bagian barat, memiliki kerawanan-kerawan yang memerlukan perhatian khusus terhadap pelaksanaan pemeriksaan orang, barang maupun kendaraan.

Sehigga dengan demikian wilayah Gilimanuk termasuk kawasan pelabuhannya, menjadi Polsek dengan tipe urban yang dikepalai oleh seorang Kapolsek berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) I NYOMAN SUBAWA.


Dalam menjaga keamanan Bali wilayah barat, baik pemantauan teroris maupun kelancaran penyebrangan Gilimanuk-Ketapang, Jajaran Polsek Kawasan Laut Gilimanuk bekerjasama dengan instasi terkait lainnya seperti, ASDP, AL, Polair, Brimob dan Syahbandar. 

Selain itu untuk pemantauan pelabuhan-pelabuhan kecil (tradisional) yang ada di wilayah hukum Polsek Kawasan Laut Gilimanuk, jajaran Polsek Kawasan Laut Gilimanuk bekerjasama dengan masyarakat untuk melaksanakan pemantauan pelabuhan tradisional melalui ronda laut.

Polsek Kawasan Laut Gilimanuk sendiri memiliki 1 (satu) kelurahan, yaitu Kelurahan Gilimanuk dengan 2 (dua) orang Bhabinkamtibmas an Aipda I Putu Yasa dan Aiptu I Wayan Rata.

Tempat-tempat yang menarik di wilayah hukum Polsek Kawasan Laut Gilimanuk adalah sebagai berikut :
  • Taman Nasional Bali Barat (cekik)
  • Karang Sewu
  • Teluk Gilimanuk
  • Kawasan Patung Siwa