Profil

Satuan Binmas Polres Jembrana selaku pembina fungsi Bhabinkamtibmas membuat webblog untuk Bhabinkamtibmas yang disebut dengan E-Bhabinkamtibmas.

Webblog ini dibuat pada tanggal 3 Maret 2017 yang didesain untuk para Bhabinkamtibmas Polres Jembrana termasuk pecalang guna mempublikasikan kegiatannya secara ONLINE dan MUDAH, sehingga masyarakat dapat melihat secara langsung kegiatan positif yang telah dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polri dan Pecalang dalam memelihara kamtibmas di wilayahnya.

Kabupaten Jembrana mempunyai 51 desa, 55 orang Bhabinkamtibmas pria dan 1 orang Bhabinkamtibmas wanita. Penempatan Bhabinkamtibmas pada wilayah hukum Polres Jembrana adalah sebagi berikut :
  1. Polsek Kawasan Laut Gilimanuk (1 Kelurahan) : 2 orang Bhabinkamtibmas.
  2. Polsek Melaya (9 Desa) : 10 orang Bhabinkamtibmas.
  3. Polsek Negara (22 Desa) : 24 orang Bhabinkamtibmas.
  4. Polsek Mendoyo (11 Desa) : 12 orang Bhabinkamtibmas.
  5. Polsek Pekutatan (8 Desa) : 8 orang Bhabinkamtibmas.
Kasat Binmas adalah merupakan unsur pelaksana tugas pokok yang berada di bawah Kapolres, sebagaimana telah dirinci seperti dibawah ini :

1.      Petelaan tugas pokok Kasat Binmas

a.  Melaksanakan pembinaan masyarakat yang meliputi kegiatan penyuluhan masyarakat, pemberdayaan Perpolisian Masyarakat (Polmas), melaksanakan koordinasi, pengawasan dan pembinaan terhadap bentuk-bentuk pengamanan swakarsa (pam swakarsa), Kepolisian Khusus (Polsus), serta kegiatan kerja sama dengan organisasi, lembaga, instansi, dan/atau tokoh masyarakat guna peningkatan kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan serta terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

b.   Bertanggung jawab kepada Kapolres Jembrana dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dibawah kendali Waka  Polres.

2.      Penjabaran Tugas Kasat Binmas

a.   Pembinaan dan pengembangan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa dalam rangka peningkatan kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan;
b.     Pengembangan peran serta masyarakat dalam pembinaan keamanan, ketertiban, dan perwujudan kerja sama Polres dengan masyarakat;
c.   Pembinaan di bidang ketertiban masyarakat terhadap komponen masyarakat antara lain remaja, pemuda, wanita, dan anak;
d.   Pembinaan teknis, pengkoordinasian, dan pengawasan Polsus serta Satuan Pengamanan (Satpam); dan
e.   Pemberdayaan kegiatan Polmas yang meliputi pengembangan kemitraan dan kerja sama antara Polres dengan masyarakat, organisasi, lembaga, instansi, dan/atau tokoh masyarakat.
f.      Dalam pelasanaan tugasnya dibantu oleh :
        1)    Kaur Bin Ops
2)    Kaur Min Tu
3)    Kanit Polmas
4)    Kanit Bintibmas
5)    Kanit Bin Kamsa